Mengenal Gejala-gejala Penyakit Jiwa Skizofrenia - My Life is My Freedom
Headlines News :
Home » » Mengenal Gejala-gejala Penyakit Jiwa Skizofrenia

Mengenal Gejala-gejala Penyakit Jiwa Skizofrenia

Written By mridwan on Jumat, 14 Februari 2014 | 20.33

Mengenal Gejala-gejala Penyakit Jiwa Skizofrenia - Skizofrenia merupakan penyakit jiwa terberat, yang tidak bisa disembuhkan. Tetapi walaupun penyakit ini tidak bisa disembuhkan, penyakit ini dapat dicegah agar tidak semakin parah.

Supaya tidak terlambat sehingga menyebabkan penyakit ini semakin parah, maka kita perlu mengetahui gejala-gejalanya. Lalu seperti apakah tanda-tanda seseorang yang mengalami skizofrenia?

Gejala pertama skizofrenia biasanya muncul pada saat remaja. Tanda-tanda nya antara lain, timbulnya halusinasi, pikiran-pikiran yang tidak jelas, dan juga penderita skizofrenia sering mendengar suara-suara dimana hanya dia sendiri yang melihat. Sehingga efek dari itu semua ia akan menarik diri dari aktivitas sehari-hari.

Jika seseorang yang anda kenal mengalami gejala seperti itu, sebaiknya anda langsung memeriksakannya kepada dokter. "Ketika muncul gejala seperti itu sebaiknya langsung dibawa kedokter. Kebanyakan keluarga pasien harus berputar-putar, karena berfikir gejala ini non medis, sehingga pada akhirnya tahap pertama sudah sulit ditangani" kata dr. Eka Viora, SpKJ, Direktur Bina Kesehatan Jiwa, Kementrian Kesehatan saat ditemui di pemutaran perdana film 'Shadow of the Past' di Plaza Senayan Jl. Asia Afrika, Jakarta Pusat, dan ditulis pada Sabtu (15/2/2014).

Bagi pihak keluarga yang salah satu anggotanya terkena penyakit tersebut juga diimbau untuk terus mendampingi. Jangan lelah untuk terus memberi dukungan, hingga gejala tersebut sudah jarang timbul. Bagi penderita juga disarankan agar rajin minum obat yang diberikan oleh dokter.

"Sekarang kan sudah ada Jaminan Kesehatan Nasional. Nah diharapkan bagi pihak keluarga daripada dipasung atau ditelantarkan, lebih baik berobat dengan JKN tersebut, sehingga obatnya gratis," kata Bagus Utomo ketua Komunitas Peduli Skizofrenia Indonesia yang turut hadir di acara tersebut.(sumber:health.detik.com|foto:getty image)
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Kata Mutiara

 
Support : | |
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. My Life is My Freedom - All Rights Reserved
Original Design by Creating Website